Menurut Suarez, VAR Rusak Momen Selebrasi

Menurut Suarez, VAR Rusak Momen Selebrasi

Walau banyak pihak yang menilai VAR menjadi hal yang bagus dijagat sepakbola, punggawa Barcelona, Luis Suarez malah mengatakan hal sebaliknya. Menurut pendapatnya, VAR menghancurkan momentum selebrasi goal dari semua pesepakbola di atas rumput hijau.

Di dalam 2 kampanye musim terbaru, VAR sesungguhnya jadi salah satu bagian vital dari sepakbola. Banyak liga elit Eropa sebagaimana Liga Italia Serie A, Bundesliga serta La Liga Santander telah mulai memanfaatkan sistem itu. Piala Dunia 2018 pun memanfaatkan VAR buat meminimalisir blunder dari sang pengadil di atas rumput hijau.

“Ketika satu goal disangsikan, semua pemain bertahan musuh bakal mengangkat tangannya dan mulai menggelar protes pada pemimpin pertandingan. Pada saat seperti itu semua pencipta goal biasanya menghentikan selebrasinya sebab goal miliknya disangsikan,” cetus Suarez pada Sport 890.

“Ketika goal itu disahkan oleh pemimpin pertandingan, semua pemain tidak dapat lagi meneruskan selebrasinya. VAR sudah menghabisi momentum dan adrenalin dari perayaan goal yang pada umumnya dilaksanakan dengan cara spontan oleh semua pemain,” lanjut kawan setim Lionel Messi di Barcelona itu.

Lebih lanjut, penggunaan VAR pun dianggap beberapa pihak menjadi perusak drama-drama yang berlangsung di dunia sepakbola. Karena VAR, sekarang sang pengadil bisa mendapat anggapan lain dan semkin jarang membuat keputusan kontriversial yang jadi bumbu tersendiri di dunia sepakbola.

Kampanye musim selanjutnya, Liga Champions bakal mulai memanfaatkan VAR. Di dalam sejumlah musim terakhir, Liga Champions memanfaatkan asisten tambahan yang diposisikan di belakang gawang buat membantu pemimpin pertandingan membikin keputusan. Kedatangan VAR diperkirakan bakal menghilangkan peran asisten tambahan itu.