Absennya Keisuke Honda Menjadi Biang Kekalahan Kamboja Lawan Malaysia?

Absennya Keisuke Honda Menjadi Biang Kekalahan Kamboja Lawan Malaysia?

Juru tak-tik Kamboja, Keisuke Honda, harus tidak ikut serta kala para pemainnya melawan Malaysia di pertandingan pertama Piala AFF 2018 Grup A, hari Kamis (8/11). Hasilnya, Kamboja bertekuk lutut di tangan Harimau Malaya bersama score 0-1.

Sebagaimana yang diketahui, Honda diangkat menjadi juru tak-tik tim nasional Kamboja beberapa waktu silam. Tapi, di waktu yang berbarengan, dia pun masih terdaftar menjadi bintang profesional di tim Australia, Melbourne Victory.

Status bermain bersama Melbourne itulah yang mengharuskan Honda tidak ikut serta pada turnamen resmi perdananya menjadi juru tak-tik. Dia dipaksa bertanding di Liga Australia pada saat yang nyaris berbarengan.

Meski tidak ikut serta menghadapi Malaysia, Honda masih menujukkan tanggung jawabnya bareng Kamboja. Dia juga memberi instruksi langsung pada koleganya, Felix Gonzalez Dalmas lewat video. “Dirinya tak berada di sini kala pertandingan, namun ia masih berkomunikasi bersama kami, ” tutur Gonzales menurut Fox Sport Asia.

Selain itu, Dalmas meminta bekas punggawa Tim nasional Jepang tersebut dapat mendampingi kesebelasan Kamboja pada pertandingan selanjutnya. “Dirinya paham apa yang terjadi. Bedanya ialah dirinya tak ada di sini namun aku kira ini tak memiliki pengaruh di tim. Semoga ia dapat cepat bergabung pada pertandingan berikutnya,” dia melanjutkan.

Tanpa kedatangan Honda, Kamboja dibantai Malaysia bersama score 0-1. Goal tunggal yang dibuat di pertandingan itu berasal melalui kaki Norshahrul Idlan pada babak pertama.